Bagaimana Caranya Belajar Linux?

Linux dari hari ke hari semakin terkenal. Sudah banyak sekali pengguna Linux sekarang ini. Bahkan di tahun 2011 ini dengar-dengar sudah mulai di galakkan sistem operasi Linux ini. So, apakah kamu mau ketinggalan dengan yang lain??

Ada beberapa tip supaya kamu bisa sedikit­-sedikit mengerti dan bisa menggunakan Linux. Tidak harus berurutan kok.


  1. Kamu bisa buka­-buka majalah atau website yang isinya berita perkembangan teknologi GNU/Linux agar semangat.
  2. Berkumpul dengan teman­-teman yang udah bisa mengoperasikan GNU/Linux. Supaya bisa saling sharing tentunya..
  3. Buka­-buka website yang isinya ilmu dan tanya jawab tentang Linux. Misalkan di www.linuxquestions.org, www.ilmukomputer.com, atau di berbagai mailinglist. Komunitas www.linux.or.id punya tempat tanya jawab. Ilmukomputer.com juga punya tempat mailinglist.
  4. Cicipi dulu “rasa” Linux dari live CD/DVD yang gak usah di­install di harddisk. Asalkan BIOSnya udah di­set supaya booting (start up) dari CD/DVD bukan dari harddisk. Tapi biasanya loading­nya lama. Tergantung RAM komputer kamu.
  5. Mempelajari konsep partisi harddisk serta penggunaan software untuk mem partisinya. Contohnya Partition Magic.
  6. Harus berani ngoprek (ngutak­-atik) komputermu. Jangan takut gagal. Saya sendiri udah beberapa kali gagal. Tapi Alhamdulillah akhirnya bisa juga.
  7. Kalo kamu bingung nentuin distro apa yang bakal digunain sehari­-hari, saya anjurkan kamu pake Ubuntu. Saya juga pake Ubuntu kok, ada beberapa alasan mengapa kamu perlu distro ini.­ Ubuntu punya banyak pilihan bahasa termasuk bahasa Indonesia.­ Ubuntu menggunakan desktop grafis GNOME yang simpel dan relatif mudah dipelajari.­ Ubuntu dikembangkan oleh komunitas murni yang didukung perusahaan, sehingga akan memudahkan upgrade software berlisensi gratis. ­ Ubuntu versi terbaru (10.10) memiliki proses instalasi yang lebih mudah dan cepat dibandingkan proses instalasi Windows XP, Bahkan Ubuntu 10.10 ini sudah ada aplikasi yang bernama Wubi, gunanya untuk bisa di instal di atas sistem operasi windows dan bisa di Uninstal di windows seperti aplikasi di windows. Untuk kesesuaian para pengguna awam di Indonesia, saya rasa Ubuntu cukup tepat.
  8. Kalo kamu punya persediaan uang yang cukup, tidak ada ruginya ikut kursusan komputer Linux. Atau membeli buku­buku tentang GNU/Linux.
  9. Jangan malas membaca, perlu sabar (menahan diri). Metode menyicil sama dengan “sedikit demi sedikit lama­-lama menjadi bukit.”
Saya ini bukannya udah ahli, tapi sering membaca perkembangan Linux di majalah atau tabloid. Jadi saya tetap harus diberi masukan dari rekan­-rekan ahli yang membaca postinganku ini.

Saya adalah mahasiswa semester tua yang hobinya main game, bermusik dan ngeblog. Doa kan saya segera cepat wisuda ya.. oh ya satu lagi, kalau mau berkomentar tolong yang sopan dan jangan nyepam. Oke? :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
2 February 2011 at 22:28 delete

Ane juga pengen bnget bljar linux sobat... Baru tadi mencoba nginstal Linux... Tapi gagal terus.. hehehehe...
oa sobat.. comment'a di balas, silahkan baca di : http://www.reservedtrik.co.cc/2011/01/link-terbuka-tanpa-di-klik.html

Reply
avatar
4 February 2011 at 14:28 delete

wah, mending agan pake Linux ubuntu 10.10 aja gan, sperti yg ane saranin di postingan.
ane juga lagi belajar2 pake linux nih. dan Alhamdulillah lancar lah gan.. ^^

trimakasih udah bls komen ane di postingan agan. ane langsung ke TKP nih. ^^

Reply
avatar