Instal Program Bahasa C di Ubuntu

Saya sering sekali terkendala yang masih terbatasnya pengetahuan saya tentang mencari program-program di Linux Ubuntu (ya.. maklumlah namanya juga saya masih newbie). salah satunya mencari program untuk bisa membuat program dengan bahasa C atau C++. setelah bertanya sama uncle Google (thanks uncle.. hehe..) akhirnya ketemu juga cara menginstall program yang satu ini.


cara menginstallnya seperti ini..

  1. bukalah terminal kamu, bisa di ambil di "Applications > Accessories > Terminal"
  2. ketikanlah perintah berikut ini :
    ~$ sudo apt-get install geany
  3. kemudian kamu akan dimintai password, isikan password root kamu.
nah, kalau installasi selesai dengan sempurna tanpa error pastinya. sekarang kamu bisa melakukan pemrograman bahasa C dan C++ di Ubuntu kamu.

sekarang buka program yang telah kita install tadi, namanya Geany.
ini dia tampilannya..



bagi yang belum tau gimana cara pakainya berikut langkah-langkahnya :
  1. pilih menu "File > New (with template) > main.c". format filenya berhubung kita mau buat program bahasa c, kita pilih "main.c"
  2. coba kamu ketikan contoh program yang sederhana saja untuk melihat hasilnya. ya.. hanya program menampilkan text saja, menggunakan perintah "printf".
  3. jika apa yang kamu buat kira-kira sudah benar, simpan filenya kemudian compile program. ambil dari menu "Build > Compile".
  4. jika tidak terjadi error pada contoh program kemudian bisa dilanjutkan dengan mem-"Build". ambil dari menu "Build > Build".
  5. langkah terakhir adalah mengeksekusi program. ambil dari menu "Build > Execute" atau tekan F5.
Saya tau tutorial saya ini tidak ada apa-apanya.. dan semoga bisa bermanfaat buat yang membutuhkan. hehehe.. Happy coding..

Saya adalah mahasiswa semester tua yang hobinya main game, bermusik dan ngeblog. Doa kan saya segera cepat wisuda ya.. oh ya satu lagi, kalau mau berkomentar tolong yang sopan dan jangan nyepam. Oke? :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar